Ø BERMAIN DI DALAM RUANG
v Mencari teman
Aspek-aspek yang dapat dikembangkan
dalam bermain “mencari teman” antara lain:§ Fisik
Motorik Dalam kegiatan bermain ini mengajak anak
untuk banyak bergerak dan berlari.§
Sosial Dalam permainan ini dapat meningkatkan interaksi
antar teman saat anak mencari pasangannya.§
Bahasa Dalam berinteraksi maka akan meningkatkan
komunikasi yang terjadi pada anak sehingga kemampuan anak dalam berkomunikasi
dapat terlatih.
v Tepuk bersama
Aspek-aspek yang dapat dikembangkan dalam bermain ”tepuk bersama” antara
lain :§ Fisik MotorikDalam permainan ini dapat meningkatkan
koordinasi tangan anak.§ SosialBermain ini juga dapat melatih anak untuk
melakukan kekompakan serta kerjasama.
v Bermain Peran
Aspek-aspek yang dikembangkan dalam permainan ini:§ Sosial
Emosional§ Bahasa§ Kognitif
v Menyusun Balok
§ Kognitif§ Motorik halus§ Seni
v Bermain dengan Platisin
§ Kognitif§ Motorik Halus§ Seni
Ø BERMAIN DI LUAR RUANG
1) Menjala ikan
2) Elang dan Anak Ayam
3) Kucing dan Tikus
4) Hijau Hitam
Ø BERMAIN DENGAN ALAT
1) Mana sepatuku
2) Kartu Angka
3) Lompat Tali
4) Bermain Kelereng
5) Puzzle
Ø BERMAIN TANPA ALAT
1) Menjala Ikan
Cara Bermain
: 2-3 anak di suruh bergandengan tangan dan
berperan sebagai jala ikan. Sedangkan anak-anak lainnya berperan sebagai ikan.
Mereka yang berperan sebagai ikan bebas berlarian di lapangan ataupun dalam
ruangan. Bila ada tanda (peluit atau hitungan atau tepukan tangan) dari guru
anak-anak yang berperan sebagai jala harus berusaha menangkap ikan (anak-anak
yang berlarian dalam ruangan/lapangan) sebanyak-banyaknya dengan cara
mengurungnya dalam lingkaran tangan. Usahakan jala jangan tercerai berai.
Sedangkan anak yang berperan sebagai ikan berusaha lari menghindar jangan
sampai tertangkap. Anak-anak yang telah tertangkap ikut bergabung sebagai jala,
sehingga semakin lama jala semakin lebar. Sedangkan ikan yang harus ditangkap
semakin sedikit. Permainan berakhir jika sudah tidak ada ikan yang perlu di
tangkap lagi.
Permainan ini dapat dimodifikasi
dengan memasang beberapa kelompok anak (2-3 pasang) sebagai jala. Lalu kelompok
jala ini saling bersaing untuk menangkap ikan sebanyak-banyaknya.
2) Hijau Hitam
Cara Bermain
: Siapkan lapangan segiempat. garis batas bisa
dibuat dengan kapur atau tali. Bagi lapangan menjadi dua. Lalu pada
masing-masing bagian siapkan garis bebas dekat sisi terluar lapangan.
Pelaksanaan permainan: bagi anak
menjadi dua regu. Regu hitam dan regu hijau. Bariskan kedua regu di tengah
lapangan. Masing-masing anak berhadapan satu sama lain. Tugas setiap regu
adalah memperhatikan/mendengarkan nama baris yang disebutkan guru. Bila guru
menyebut, Hiii…jau, berarti Hijau harus segera berlari meninggalkan tempatnya
menuju garis bebas. Sedangkan baris hitam berusaha menangkap pasangan dari
baris hijau sebelum melewati garis bebas. Dan begitu pula sebaliknya untuk
baris hitam. Pemenangnya adalah regu yang anggotanya paling sedikit tertangkap.
3) Kata Polisi
4) Elang dan Anak Ayam
Cara Bermain
: : bagi anak menjadi beberapa kelompok. Paling banyak
anggotanya berjumlah sepuluh tiap kelompok. Dalam satu kelompok pilih satu
untuk berperan sebagai elang, sedangkan yang lin berperan sebagai ayam.
Bariskan anak-anak yang berperan sebagai ayam. Tiap anak berpegangan pada
pundak teman didepannya. Anak yang paling depan berperan sebagai induk ayam dan
bertugas melindungi anak ayam dari kejaran burung elang dengan cara
merentangkan kedua tangan. Burung elang bebas menangkap anak ayam yang paling
belakang. Anak ayam yang tertangkap harus keluar dari barisan. Usahakan barisan
anak ayam jangan sampai terputus. Permainan berakhir jika sudah tidak ada anak
ayam yang tersisa. Setelah itu bisa diganti dengan kelompok berikutnya.
Sumber: paud-uny.blogspot.com