Segala
puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan
penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup
menyelesaikan dengan baik.
Makalah
ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengaruh perpustakaan
sekolah terhadap mutu pendidikan yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari
berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan.
Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun
dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini
dapat terselesaikan.
Makalah
ini memuat tentang “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di
Sekolah” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati
dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia
pendidikan.
Penyusun
juga mengucapkan terima kasih kepada guru/dosen pembimbing yang telah banyak
membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.
Semoga
makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun
makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan
kritiknya. Terima kasih.
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
MASALAH
B. IDENTIFIKASI
MASALAH
C. PEMBATASAN
MASALAH.
D. PERUMUSAN
MASALAH.
BAB II PEMBAHASAN
A. TUJUAN
PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
B. FUNGSI
PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
C. SUMBANGAN
PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
BAB III PENUTUP
A. SIMPULAN
B. SARAN
Daftar Pustaka.
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
MASALAH
Ilmu
pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai
dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa
Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama
belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup
bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan.
Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis,
kreatif, dan produktif.
Dalam
UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas.
Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar.
Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan
mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan
dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari
kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.
Dalam
dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah
satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan
dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi
untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan
bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.
Judul
makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati
dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia
pendidikan.
B. IDENTIFIKASI
MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai
dengan judul makalah ini “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu
Pendidikan di Sekolah”, terkait dengan pelaksanaan program pendidikan di
sekolah dan fungsi serta sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program
tersebut.
Berkaitan dengan
judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1.
Bagaimana
peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah
2.
Bagaimana
cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan
di sekolah ?
C. PEMBATASAN
MASALAH.
Untuk
memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada
masalah :
a.
Peran
perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah;
b.
Cara-cara
agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di
sekolah.
D. Perumusan
Masalah.
Berdasarkan
latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas
dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.
Bagaimana
deskripsi peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah
?
2.
Bagaimana
deskripsi cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu
pendidikan di sekolah ?
BAB II
PEMBAHASAN
Perpustakaan
merupakan bagian intergral dari lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan
bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan buku.
Sesuai
dengan judul makalah ini, pembahasan meliputi tujuan perpustakaan, fungsi
perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program
pendidikan.
A. TUJUAN
PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Tujuan
utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan
bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya
adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler,
ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula dapat membantu
menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi
belajar mengajar.
Namun
secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan
pelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :
1.
Memupuk
rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca.
2.
Membimbing
dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
3.
Memperluas
pengetahuan para siswa.
4.
Membantu
mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan
bahan bacaan yang bermutu.
5.
Membimbing
para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
6.
Memberikan
dasar-dasar ke arah studi mandiri.
7.
Memberikan
kesempatan kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan
perpustakaan dengan baik, efektif dan efisien, terutama dalam menggunakan
bahan-bahan referensi.
8.
Menyediakan
bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaanan program kurikulum di sekolah
baik yang bersifat kurikuler, kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.
B. FUNGSI
PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Berdasarkan
tujuan perpustakaan sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi
perpustakaan, sebagai berikut :
1. Fungsi
Edukatif.
Yang
dimaksud dengan fungsi edukatif adalah perpustkaan menyediakan bahan pustaka
yang sesuai dengan kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa,
mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan
gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para
siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
2. Fungsi
Informatif.
Yang
dimaksud dengan fungsi informatif adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka
yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan
uptodate yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga dapat memudahkan
para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.
3. Fungsi
Administratif
Yang
dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan
pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta
menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien.
4. Fungsi
Rekreatif.
Yang
dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan
buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif
(hiburan) dan bermutu, sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi
waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.
5. Fungsi
Penelitian
Yang
dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang
dapat dijadikan sebagai sumber / obyek penelitian sederhana dalam berbagai
bidang studi.
C. SUMBANGAN
PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
Bila
diperhatikan secara jenih, maka perpustakan sekolah sesungguhnya memberikan
sumbangan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Sumbangan /
peranan perpustakaan antara lain :
1.
Perpustakaan
merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar.
2.
Perpustakaan
merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk
dapat berpikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk untuk
mencipta.
3.
Perpustakaan
akan memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan
rasa keingintahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun.
4.
Kumpulan
bahan pustaka (koleksi) di perpustakaan memberika kesempatan membaca bagi para
siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan yang beraneka ragam.
5.
Perpustakaan
memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan
perpustakaan yang efisien dan efektif.
6.
Perpustakaan
akan membantu para siswa dalam meningkatkan dalam kemampuan membaca dan
memperluas perbendaharaan bahasa.
7.
Perpustakaan
dapat menimbulkan cinta membaca, sehingga dapat mengarahkan selera dan
apresiasi siswa dalam pemilihan bacaan.
8.
Perpustakaan
memberikab kepuasan akan pengetahuan di luar kelas.
9.
Perpustakaan
merupakan pusat rekreasi yang dapat memberikan hiburan yang sehat.
10.
Perpustakaan
memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
11.
Perpustakaan
merupakan batu loncatan bagi para siswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup
membaca di sekolah yang lebih tinggi.
12.
Kegairahan
/ minat baca siswa yang telah dikembangkan melalui perpustakaan sangat
berpengaruh positif terhadap prestasi belajarnya.
13.
Bila
minat membaca sudah tumbuh dan berkembang pada diri siswa, maka perpustakaan
juga dapat mengurangi jajan anak, yang ini biasanya dapat berpengaruh negatif
terhadap kesehatan anak.
14.
Bahkan
perpustakaan juga bagi anak-anak dapat menjauhkan diri dari tindakan kenakalan,
yang bisa menimbulkan suasana kurang sehat dalam hubungan berteman diantara
mereka.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Berdasarkan
uraian bahasan “Peranan Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di
Sekolah” dapat disimpulkan bahwa :
1.
Peranan
perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.
2.
Perpustakaan
sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
3.
Pengelolaan
perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya
B. SARAN
Bertolak
dari peranan perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan
program pendidikan di sekolah, penyusun memberikan saran sebagai berikut:
1.
Sebaiknya
perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
2.
Peran
pengelola perpustakaan / pustakawan yang profesional hendaknya mendapatkan
bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan profesional.
DAFTAR PUSTAKA
- Buku Pendidikan
Kewarganegaraan
Sumber: http://www.infogue.com/viewstory/2011/01/12/makalah_pendidikan_2011/?url=http://taufikolegune.blogspot.com/2011/01/makalah-pendidikan-2011.html
No comments:
Post a Comment