1.
Erly Suandy (2001:2) adalah
sebagai berikut :“Secara umum
perencanaan merupakan proses penentuan tujuan organisasi (perusahaan) dan
kemudian menyajikan (mengartikulasikan) dengan jelas strategi-strategi
(program), taktik-taktik (tata cara pelaksanaan program) dan operasi (tindakan)
yang diperlukan untuk menc“apai tujuan perusahaan secara menyeluruh.”
Perencanaan adalah suatu cara yang memuaskan untuk membuat kegiatan dapat
berjalan dengan baik, disertai dengan berbagai langkah yang antisipatif guna
memperkecil kesenjangan yang terjadi sehingga kegiatan tersebut mencapai tujuan
yang telah ditetapkan (Uno, 2008:2)
Perencanaan pembelajaran adalah apa yang akan dikerjakan guru dan siswa
di dalam kelas dan di luar kelas (Reiser 1986 dalam Djoehaeni: 4). Perencanaan
pembelajaran adalah memproyeksikan tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam
suatu pembelajaran (Sujana 1988 dalam Djoehaeni 2009: 5).
Perencanaan pengajaran adalah kegiatan merumuskan tujuan apa yang akan dicapai oleh suatu kegiatan pengajaran, cara apa yang dipakai untuk menilai tujuan tersebut, materi bahan apa yang akan disampaikan, bagaimana cara menyampaikannya, serta alat atau media apa yang diperlukan (Ibrahim 1993 dalam Djoehaeni 2009: 6)
Perencanaan pengajaran adalah kegiatan merumuskan tujuan apa yang akan dicapai oleh suatu kegiatan pengajaran, cara apa yang dipakai untuk menilai tujuan tersebut, materi bahan apa yang akan disampaikan, bagaimana cara menyampaikannya, serta alat atau media apa yang diperlukan (Ibrahim 1993 dalam Djoehaeni 2009: 6)
Roger A. Kaufman (Harjanto 1997:2)
mengemukakan bahwa "Perencanaan adalah suatu proyeksi (perkiraan) tentang
apa yang diperlukan dalam rangka mencapai tujuan absah dan bernilai
Menurut Masitoh dalam bukunya yang berjudul Perencanaan Pembelajaran
(2005), bahwa komponen-komponen perencanaan pembelajaran diantaranya terdiri
dari: (1) tujuan pembelajaran
(2) isi (materi
pembelajaran)
(3) kegiatan
pembelajaran (kegiatan belajar mengajar)
(4) media dan sumber
belajar; dan
(5) evaluasi.
Sedangkan menurut M. Sobry Sutikno dalam
bukunya yang berjudul Belajar dan Pembelajaran (2008), mengatakan bahwa
komponen pembelajaran itu terdiri atas tujuan pembelajaran, materi pelajaran,
kegiatan belajar megajar, metode, media, sumber belajar, dan evaluasi.
a. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan komponen pertama dalam perencanaan pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan komponen pertama dalam perencanaan pembelajaran
2. Isi (Materi
Pembelajaran)
Materi pembelajaran merupakan unsur belajar yang penting mendapat perhatian oleh guru. Materi pelajaran merupakan medium untuk mencapai tujuan pembelajaran yang “dikonsumsi” oleh siswa.
Materi pembelajaran merupakan unsur belajar yang penting mendapat perhatian oleh guru. Materi pelajaran merupakan medium untuk mencapai tujuan pembelajaran yang “dikonsumsi” oleh siswa.
No comments:
Post a Comment