Wednesday, December 13, 2017

2.4  Pembuatan RPP Berdasarkan KTSP
Enco Mulyasa dalam bukunya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menyatakan bahwa KTSP merupakan singkatan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi sekolah/daerah, karakteristik sekolah/daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan karakteristik peserta didik.
Masih dalam buku yang sama, dijelaskan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. RPP merupakan komponen penting dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang pengembangannya harus dilakukan secara profesional.
Karena adanya relevansi yang sangat kuat antara silabus dan RPP, maka berikut ini dituliskan contoh format silabus dan RPP berdasarkan KTSP untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas XII Madrasah Aliyah:
  1. Silabus
SILABUS
Satuan Pendidikan      : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas                           : XII, Semester 2
StandarKomptensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Standar
KBM
Standar Penilaian
  1. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
1.1      Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi1.2     Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi1.3    Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
1.1.1   Mendeskripsikan1.1.2  Mengidentifikasi1.2.1  Mengoperasikan1.2.2 Menggunakan1.2.3 Menggunakan
1.3.1  Menghasilkan
Perangkat lunak program presentasi-            Lembar presentasi-   Objek, audio, dan video pada presentasi-   Durasi presentasi-   Dokumen presentasi
-   Karya menggunakan program presentasi
-   Ceramah, demonstrasi, mengamati, Tanya jawab-   Tugas, latihan, Tanya jawab-   Tugas, latihan, eksperimen, Tanya jawab
-   Penilaian proses dan penilaian hasil-   Penilaian proses dan penilaian hasil-   Penilaian proses dan penilaian hasil
  1. RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            : TIK
Satuan Pendidikan      : Madrasah Aliyah
Kelas / Semester          : XII / 2
Waktu                         : 2 kali pertemuan
Kompetensi Dasar
Siswa mampu menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
Indikator
  1. Mendeskripsikan manfaat program presentasi
  2. Mengidentifikasi fungsi menu, tools, dan ikon
Materi Standar: Perangkat lunak program presentasi
Metode Pembelajaran: Demonstrasi, Tanya jawab
Kegiatan Pembelajaran
  1. Kegiatan awal
    1. Menciptakan lingkungan: Salam pembuka dan berdoa
    2. Pretes: Peserta didik menjawab beberapa pertanyaan tentang Program Pembuat Presentasi
    3. Menghubungkan materi yang telah dimiliki peserta didik dengan bahan atau kompetensi baru
  2. Kegiatan inti
    1. Pengorganisasian: perorangan
    2. Prosedur pembelajaran:
  • Ceramah tentang manfaat Program Pembuat Presentasi
  • Demonstrasi tentang halaman utama, menu, tools, dan ikon
  • Mengamati menu, tools, dan ikon
  •  Tanya jawab
  • Membuat Rangkuman
  1. Pembentukan kompetensi
  • Pertemuan pertama: Mendeskripsikan manfaat Program Pembuat Presentasi dan mengenalkan halaman utamanya
  • Pertemuan kedua: Mengidentifikasi fungsi menu, tools, dan ikon
  1. Kegiatan akhir
    1. Untuk membentuk dan memantapkan sikap peserta didik terhadap kompetensi yang telah dipelajari pada akhir pembelajaran bisa dilakukan pengamatan kembali sebagai review
    2. Post tes bisa dilakukan secara lisan atau tertulis
Sumber Belajar
Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
  1. Komputer yang ada di laboratorium.
  2. Buku paket.
  3. Buku penunjang tengan program pembuat presentasi.

Penilaian
Penilaian dilakukan melalui penilaian proses, tes lisan dan portopolio
  1. Penilaian proses dilakukan melalui pengamatan pada saat peserta didik melakukan kegiatan.
  2. Tes lisan dilakukan melalui tanya jawab tentang kegiatan yang baru dilakukan peserta didik sesuai dengan indikator kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran.
  3. Portopolio mencakup seluruh hasil kegiatan peserta didik yang dikumpulkan untuk dijadikan bahan penilaian akhir
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                   Pengajar
Komarudin                                                                                          Tasdik


No comments:

Post a Comment