2.4
Pembuatan RPP Berdasarkan KTSP
Enco Mulyasa
dalam bukunya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menyatakan bahwa KTSP
merupakan singkatan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, yang dikembangkan
sesuai dengan satuan pendidikan, potensi sekolah/daerah, karakteristik
sekolah/daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan karakteristik peserta
didik.
Masih dalam
buku yang sama, dijelaskan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah
rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai
satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan
dijabarkan dalam silabus. RPP merupakan komponen penting dari Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP), yang pengembangannya harus dilakukan secara profesional.
Karena
adanya relevansi yang sangat kuat antara silabus dan RPP, maka berikut ini
dituliskan contoh format silabus dan RPP berdasarkan KTSP untuk mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas XII Madrasah Aliyah:
- Silabus
SILABUS
Satuan
Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata
Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas
: XII, Semester 2
StandarKomptensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Standar
|
KBM
|
Standar
Penilaian
|
|
1.1
Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat
presentasi1.2 Menggunakan menu dan ikon yang terdapat
dalam perangkat lunak pembuat presentasi1.3 Membuat presentasi
teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
|
1.1.1
Mendeskripsikan1.1.2 Mengidentifikasi1.2.1 Mengoperasikan1.2.2
Menggunakan1.2.3 Menggunakan
1.3.1
Menghasilkan
|
Perangkat
lunak program
presentasi-
Lembar presentasi- Objek, audio, dan video pada presentasi-
Durasi presentasi- Dokumen presentasi
-
Karya menggunakan program presentasi
|
-
Ceramah, demonstrasi, mengamati, Tanya jawab- Tugas, latihan,
Tanya jawab- Tugas, latihan, eksperimen, Tanya jawab
|
-
Penilaian proses dan penilaian hasil- Penilaian proses dan
penilaian hasil- Penilaian proses dan penilaian hasil
|
- RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran :
TIK
Satuan
Pendidikan : Madrasah Aliyah
Kelas /
Semester : XII / 2
Waktu
: 2 kali pertemuan
Kompetensi
Dasar
Siswa mampu
menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat
presentasi
Indikator
- Mendeskripsikan manfaat program
presentasi
- Mengidentifikasi fungsi menu,
tools, dan ikon
Materi
Standar: Perangkat
lunak program presentasi
Metode
Pembelajaran: Demonstrasi,
Tanya jawab
Kegiatan
Pembelajaran
- Kegiatan awal
- Menciptakan lingkungan: Salam
pembuka dan berdoa
- Pretes: Peserta didik menjawab
beberapa pertanyaan tentang Program Pembuat Presentasi
- Menghubungkan materi yang
telah dimiliki peserta didik dengan bahan atau kompetensi baru
- Kegiatan inti
- Pengorganisasian: perorangan
- Prosedur pembelajaran:
- Ceramah tentang manfaat Program
Pembuat Presentasi
- Demonstrasi tentang halaman
utama, menu, tools, dan ikon
- Mengamati menu, tools, dan ikon
- Tanya jawab
- Membuat Rangkuman
- Pembentukan kompetensi
- Pertemuan pertama:
Mendeskripsikan manfaat Program Pembuat Presentasi dan mengenalkan halaman
utamanya
- Pertemuan kedua:
Mengidentifikasi fungsi menu, tools, dan ikon
- Kegiatan akhir
- Untuk membentuk dan
memantapkan sikap peserta didik terhadap kompetensi yang telah dipelajari
pada akhir pembelajaran bisa dilakukan pengamatan kembali sebagai review
- Post tes bisa dilakukan secara
lisan atau tertulis
Sumber
Belajar
Sumber
belajar yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
- Komputer yang ada di
laboratorium.
- Buku paket.
- Buku penunjang tengan program
pembuat presentasi.
Penilaian
Penilaian
dilakukan melalui penilaian proses, tes lisan dan portopolio
- Penilaian proses dilakukan
melalui pengamatan pada saat peserta didik melakukan kegiatan.
- Tes lisan dilakukan melalui
tanya jawab tentang kegiatan yang baru dilakukan peserta didik sesuai
dengan indikator kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran.
- Portopolio mencakup seluruh
hasil kegiatan peserta didik yang dikumpulkan untuk dijadikan bahan
penilaian akhir
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Pengajar
Komarudin
Tasdik
No comments:
Post a Comment