Wednesday, December 13, 2017

MAKALAH HAKIKAT, TUJUAN DAN KARAKTERISTIK PENDIDIKAN IPS

HAKIKAT, TUJUAN DAN KARAKTERISTIK PENDIDIKAN IPS
logo unsri.png
 











DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 1
1.      DEWI YANI (06121014001)
2.      HELSA YULIANTI (06121014008)
3.      METI TOPYAH (06121014015)
4.      DIANA MELIANTIKA (06121014022)
5.      MEDDY KETPRATAMA (06121014029)
6.      YOPI RETNO ANGGRAINI (06121014036)
7.      BADARIA HABSARI A (06121014043)
8.      KARTIKA RIANTI PUTRI (06121014050)

DOSEN: Dra. Hj. Yetty Rahelly, M.Pd.

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA

TAHUN PELAJARAN 2013-2014


KATA PENGANTAR



            Syukur Alhamdulillah selalu dipanjatkan kehadirat Allah,atas segala nikmat,karunia,dan maunah-Nya sehingga kita senantiasa dapat menjalankan tugas dan amanah-Nya.

Dalam usaha membantu para mahasiswa di bidang IPS Anak Usia Dini,maka kami menyusun makalah ini. Dalam menyusun makalah ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa untuk lebih mengetahui konsep IPS Anak Usia Dini,dan kami berharap makalah ini menjadi bahan telaah bagi para mahasiswa.

Kami menyadari makalah ini masih ada kekurangannya,karena itu para mahasiswa dapat mengemukakan kritik dan saran yang bersifat membangun. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam pembelajaran.







                                                                                    Indralaya ,25 November 2013
                                                                                   

                                                                                    Penyusun




DAFTAR  ISI

Daftar Isi ..............…………………………………………………….............  i
Kata Pengantar ……………………………………………………………........ ii

Hakikat dan Tujuan Pendidikan IPS
A.    Hakikat Pendidikan IPS Anak Usia Dini ..........…………………... 1
B.     Hakikat Pembelajaran IPS Anak Usia Dini .........................……... 3
C.    Karakteristik Pendidikan IPS AUD ..................…………………... 5

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………..           ......... 6


KATA PENGANTAR



            Syukur Alhamdulillah selalu dipanjatkan kehadirat Allah, atas segala nikmat ,karunia, dan maunah-Nya sehingga kita senantiasa dapat menjalankan tugas dan amanah-Nya.

Dalam usaha membantu para mahasiswa di bidang IPS AUD, maka kami menyusun makalah ini. Dalam menyusun makalah berjudul Hakekat, Karakteristik dan Tujuan Pendidikan IPS  ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa untuk lebih mengetahui Pendidikan IPS AUD, dan kami berharap makalah ini menjadi bahan telaah bagi para mahasiswa.

Kami menyadari makalah ini masih ada kekurangannya, karena itu para mahasiswa dapat mengemukakan kritik dan saran yang bersifat membangun. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam pembelajaran.




                                                                                    Inderalaya, September  2013
                                                                                   

                                                                                    Penyusun



HAKIKAT DAN TUJUAN PENDIDIKAN IPS

A.    Hakikat Pendidikan IPS Anak Usia Dini

Usia lahir sampai memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan (Golden Age) sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia, yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Layanan pendidikan bagi anak usia dini merupakan bagian dari pencapaian tujuan pendidikan nasional sebagaimana diatur dalam UU Sistem Pendidikan Nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Pendidikan bagi anak usia dini adalah ”pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak”. (Depag RI, 2003: 1) Oleh karena itu, Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan jamak, dan kecerdasan spiritual.

Sesuai dengan keunikan dan pertumbuhan anak usia dini maka, penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia dini disesaikan dengan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Hal ini sesuai dengan ruang lingkup kurikulum RA bahwa pembelajaran meliputi berbagai aspek perkembangan anak, yaitu ”pemahaman nilai-nilai moral dan agama, sosial, emosi, kemandirian, bahasa,kognitif, fisik motorik, dan seni yang berlandaskan ajaran Islam”.(Depag RI, 2005 : 6)

Hakikat IPS, adalah telaah tentang manusia dan dunianya.Manusia sebagai makhluk sosial selalu hidup bersama dengan sesamanya. Dengan kemajuan teknologi pula sekarang ini orang dapat berkomunikasi dengan cepat di manapun mereka berada melalui handphone dan internet. Kemajuan Iptek menyebabkan cepatnya komunikasi antara orang yang satu dengan lainnya, antara negara satu dengan negara lainnya. Dengan demikian maka arus informasi akan semakin cepat pula mengalirnya. Oleh karena itu diyakini bahwa “orang yang menguasai informasi itulah yang akan menguasai dunia”.

Suatu tempat atau ruang dipermukaan bumi, secara alamiah dicirikan oleh kondisi alamnya yang meliputi iklim dan cuaca, sumber daya air, ketinggian dari permukaan laut, dan sifat-sifat alamiah lainnya. Jadi bentuk muka bumi seperti daerah pantai, dataran rendah, dataran tinggi, dan daerah pegunungan akan mempengaruhi terhadap pola kehidupan penduduk yang menempatinya. Lebih jelasnya Anda dapat mencermati contoh berikut ini.

           Corak kehidupan masyarakat di tepi pantai utara Jawa yang bentuknya landai dengan laut yang tenang dan tidak begitu tinggi serta arus angin yang tidak begitu kencang, sangat menguntungkan bagi masyarakat untuk mencari ikan. Hal ini disebabkan ikan banyak berkumpul di kawasan laut yang dangkal yang masih tertembus sinar matahari. Oleh karena itu mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Hampir semua pelabuhan-pelabuhan besar di pulau Jawa sebagian besar terletak di pantai utara Jawa.
           Dataran rendah yang meliputi daerah pantai sampai ketinggian 700 meter di atas permukaan laut merupakan kawasan yang cadangan airnya cukup, didukung oleh iklimnya yang cocok, merupakan potensi alam yang cocokuntuk dikembangkan sebagai areal pertanian, misalnya Karawang, Bekasi, Indramayu, Subang dan sebagainya. Dataran tinggi yang beriklim sejuk, dengan cadangan air yang sudah semakin berkurang maka sistem pertanian yang dikembangkan adalah pertanian lahan kering dan holtikultura seperti sayuran, buah-buahan, da tanaman hias.
           Lain dengan daerah pegunungan yang memiliki corak tersendiri. Karena sedikitnya persediaan air tanah, mengakibatkan pemukiman penduduk terpusat di lembah-lembah atau mendekati alur sungai. Hal ini dikarenakan mereka berusaha untuk mendapatkan sumber air yang relatif mudah. Ladang yang mereka usahakan biasanya terletak di lembah pegunungan.
IPS adalah sejumlah konsep mata pelajaran dan ilmu lainnya yang dipadukan berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan yang bertujuan membahas masalah-masalah sosial atau bermasyarakat dan kemasyarakatan untuk mencapai tujuan-tujuan khusus pendidikan melalui program pengajaran IPS pada tingkat persekolahan (A. Azis Wahab, 1980:7). Menurut Leonard S. Kenworthy bahwa PS adalah studi tentang manusia untuk menolong siswa mengenal dirinya sendiri maupun dengan orang lain didalam suatu masyarakat yang sangat bervariasi, baik karena perbedaan tempat atau waktu sebagai individu maupun kelompok dalam memenuhi kebutuhannya melalui berbagai institusi seperti halnya manusia mencari kepuasan batin dan masyarakat yang baik.
Sedangkan dalam kurikulum Pendidikan Dasar Pengetahuan Sosial adalah mata pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial yang didasarkan pada bahan kajian geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, tata negara dan sejarah. Dari beberapa uraian tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa Pengetahuan Sosial merupakan:
1). Mata pelajaran bagi siswa sekolah dasar dan menengah.
2). Mengenai kehidupan manusia dalam masyarakat; dan
3). Bersumber dari berbagai bahan disiplin ilmu sosial.
Dengan demikian PS sebagai perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari pelajaran ilmu-ilmu sosial dengan mengintegrasikan bahan/materi atau konsep-konsep ilmu sosial tersebut untuk memahami masalah-masalah sosial yang diberikan di sekolah sebagai suatu program pengajaran.

B.     Hakikat Pembelajaran IPS Anak Usia Dini

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukansikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. (http//: Wikipedia.com)

Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seseorang peserta didik. Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik.

Proses pembelajaran bagi anak usia dini merupakan proses interaksi antara anak, sumber belajar dan pendidik dalam suatu lingkungan belajar tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Depag RI, 2003 : 2) Karakteristik anak usia dini adalah aktif melakukan berbagai eksplorasi dalam kegiatan bermain, maka sesuai dengan karakteristik tersebut proses pembelajarannya ditekankan pada aktivitas dalam bentuk belajar sambil bermain yang menekankan pada pengemangan potensi di bidang fisik, intelegensi, sosial-emosional bahasa dan komunikasi menjadi kompetensi/kemampuan yang secara aktual dimiliki anak.


Karakteristik Pendidikan IPS di PAUD

Untuk membahas karakteristik IPS, dapat dilihat dari berbagai pandangan. Berikut ini dikemukakan karakteristik IPS dilihat dari materi dan strategi penyampaiannya.
Materi IPS
Ada 5 macam sumber materi IPS antara lain:
a.       Segala sesuatu atau apa saja yang ada dan terjadi di sekitar anak sejak dari keluarga, sekolah, desa, kecamatan sampai lingkungan yang luas negara dan dunia dengan berbagai permasalahannya.
b.      Kegiatan manusia misalnya: mata pencaharian, pendidikan, keagamaan, produksi, komunikasi, transportasi.
c.       Lingkungan geografi dan budaya meliputi segala aspek geografi dan antropologi yang terdapat sejak dari lingkungan anak yang terdekat sampai yang terjauh.
d.      Anak sebagai sumber materi meliputi berbagai segi, dari makanan, pakaian, permainan, keluarga.



DAFTAR PUSTAKA

Sumber : Depag. RI . 2003. Kompetensi Dasa Raudlatul Athfal. Jakarta : Dirjend Kelembagaan Agama Islam. _______ . 2005. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Raudlatul Athfal. Jakarta : Dirjend Kelembagaan Agama Islam Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum. http//: Wikipedia.com)


Sumber ; maoapaadadisini.blogspot.com/.../konsep-n-karekteristik-pendidikan-ips....‎14 Mar 2011


 

No comments:

Post a Comment