Rahmida Setiawati
SENI TARI
JILID 1
SMK
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
Departemen Pendidikan Nasional
Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional
Dilindungi Undang-undang
SENI TARI
JILID 1
Untuk SMK
Penulis Utama : Rahmida Setiawati
Editor : Melina Suryadewi
Perancang Kulit : Tim
Ukuran Buku : 17,6 x 25 cm
Diterbitkan oleh
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
Departemen Pendidikan Nasional
Tahun 2008
TIA SETIAWATI, Rahmida
s Seni Tari untuk SMK Jilid 1 /oleh Rahmida Setiawati ----
Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah,
Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
vii. 177 hlm
Daftar Pustaka : A1-A4
Glosarium : E1-E9
ISBN : 978-979-060-025-6
KATA SAMBUTAN
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan
karunia Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Direktorat Pembinaan Sekolah
Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar
dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, telah melaksanakan
kegiatan penulisan buku kejuruan sebagai bentuk dari kegiatan
pembelian hak cipta buku teks pelajaran kejuruan bagi siswa SMK.
Karena buku-buku pelajaran kejuruan sangat sulit di dapatkan di pasaran.
Buku teks pelajaran ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar
Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah
dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses
pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45
Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.
Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada
seluruh penulis yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya
kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas
oleh para pendidik dan peserta didik SMK.
Buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada
Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (download),
digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat.
Namun untuk penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya
harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan
ditayangkan soft copy ini diharapkan akan lebih memudahkan bagi
masyarakat khsusnya para pendidik dan peserta didik SMK di seluruh
Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri untuk
mengakses dan memanfaatkannya sebagai sumber belajar.
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada
para peserta didik kami ucapkan selamat belajar dan semoga dapat
memanfaatkan buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini
masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik
sangat kami harapkan.
Jakarta, 17 Agustus 2008
Direktur Pembinaan SMK
ii SENI TARI
KATA PENGANTAR
Puja-puji syukur kami panjatkan ke Hadurat Tuhan Yang
Maha Esa yang telah melimpahkan Rahmat-Nya kepada hambanya,
sehingga kami dapat menyajikan buku “Seni Tari” ini kepada para
pembaca.
Buku Seni Tari ini disusun terutama untuk menunjang
pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun
2004 Sekolah Menengah Kejuruan Seni Pertunjukan. Buku ini dapat
digunakan siswa untuk menggali dan meletakdasarkan pengetahuan
tentang tari agar mereka dapat menjadi tenaga yang profesional dan
siap pakai pada mampu terjun di kalangan masyarakat. Melalui buku
ini siswa dapat mengembangkan pengetahuannya di bidang tari
sebagai bekal penunjang kemampuannya, dan untuk menghadapi
era teknologi dan informasi yang makin meng “global”.
Penetapan penulisan buku ini adalah sebagai alternatif
dalam upaya pengembangan wawasan dan pengetahuan tentang
tari khususnya hubungannya dengan pendidikan tari. Materi yang
disajikan lebih ditekankan pada teori semi praktis diharapkan agar
mudah dipahami. Oleh karena itu, buku ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi pembaca.
Penyusunan buku ini pada dasarnya mengacu pada
beberapa sumber, data-data dokumen bidang tari, serta
pengetahuan yang dimiliki penulis selama menekuni bidang tari.
Secara kolaboratif, dasar penetapan penulisan buku mendapat
amanah tentang misi bahwa sistem pendidikan Nasional yang
dikembangkan di Indonesia masih kurang menaruh perhatian
terhadap out, sehingga penafsiran terhadap komponen pendidikan
membias untuk ditafsirkan.
Dalam rangka pengembangan ke arah tujuan yang
diharapkan, maka secara konseptual buku ini disusun berdasarkan
konsep penulisan yang dari apa yang harus dikuasi oleh peserta
didik, pecinta tari, anak yang belajar tari. Dengan munculnya
pertanyaan dasar tersebut maka penulis mengidentifikasi beberapa
kemungkinan yang dapat dijadikan bahwa sebagai kajian untuk
menulis buku yang dibutuhkan peserta didik, pecinta tari, dan anak
yang belajar menari sebagai obyek.
Tahap awal yang telah teridentifikasi adalah bahwa yang
dibutuhkan oleh obyek adalah pengetahuan tentang wawasan tari,
bagaimana cara bergerak efektif dan efesien, cakupan pengetahuan
SENI TARI iii
yang bersifat afaektif adalah memahami tentang tari dan selanjutnya
bagaimana tahap-tahap mencari dan membuat tarian,
mengorganisasikan serta memasarkan produk, hingga pada
membuat kemasan tarian yang berkembang di sekitar wilayah
dimana anak dapat tumbuh dan berkembang seiring budayanya.
Oleh sebab itu, penulis menyajikan isi buku ini dengan
mengidentifikasi dari wawasan kebudayaan, Olah Tubuh, Tari-tarian
Nusantara, Koreografi dan Komposisi Tari, seni Manajemen dan
Organisasi Seni Pertunjukan, serta Kemasan Wisata. Cakupan isi
yang dijadikan dasar untuk melengkapi isi buku, lebih diarahkan
pada bentuk implementasi data yang dinaturalisasikan, sehingga
diharapkan pembaca dapat memahami isi buku dengan makna baca
yang mudah dicerap.
Harapan penulis, semoga buku ini dapat berguna bagi
pembaca khalayak. Untuk penyempurnaan buku ini, masalah
keterbacaan isi buku sangat dinantikan. Kritik dan saran pembaca
akan kami gunakan untuk perbaikan buku secara sinergis.
Penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangan
dan kekhilafan baik isi maupun panyajiannya. Segala tegur-sapa
serta saran dan kritik dari para ahli yang berwenang dan para
pembaca yang bersifat membangun senantiasa diterima dengan
lapang dada.
Akhirnya tak lupa diucapkan terima kasih kepada Pemimpin
PENULISAN BUKU KEJURUAN, juga kepada rekan-rekan dan
handai tolan serta semua pihak yang turut serta menangani buku ini.
Semoga bermanfaat adanya.
Penulis
iv SENI TARI
PETA KOMPETENSI
Sistem pendidikan yang dianut bangsa Indonesia pada sebelum
abad 20an hanya berbasis pada masukan dan proses saja, pada
hakikatnya kurang dinamis, efektif dan efesien dan muaranya berhenti
di tempat. Dalam upaya percepatan dan pengembangan pendidikan ke
depan sangat dibutuhkan adanya penetapan standar kompetensi bagi
setiap pengetahuan yang bersifat edukatif maupun populer. Hal ini
untuk memberikan stimulus terhadap penetapan.
Standar dalam pendidikan terdiri atas standar akademik yang
merefleksikan pengetahuan dan ketarampilan esensial disiplin ilmu
yang diajarkan di lembaga pendidikan. Di sisi lain, standar kompetensi
merupakan bentuk proses atau hasil kegiatan yang didemonstrasikan
peserta didik sebagai penerapan, pengetahuan, keterampilan yang
telah dipelajari. Dengan demikian secara konseptual peta konsep yang
harus diberikan kepada peserta didik berwujud berbagai pengetahuan
dan keterampilan yang mengarah pada proses bagaimana peserta didik
telah mempelajarinya.
Secara konseptual, standar kompetensi menekankan kepada
kemampuan melakukan tugas-tugas dengan standar performasi
tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik berupa
penguasaan seperangkat kompetensi. Hal ini sebagai tahapan lanjut
yang mengedepankan peserta didik tumbuh rasa tanggung jawab,
partisipasi, dan implementasinya baik di lembaga pendidikan maupun di
masyarakat dan ini menjadi bagian dari tugas kita menyebarkan
pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat.
Oleh sebab itu agar dapat memperoleh gambaran yang lebih
jelas, di bawah ini dapat digambarkan peta kompetensi yang harus
dicapai peserta didik dalam mempelajari tari adalah sebagai berikut:
Mendiskripsikan
SP
Menunjukan
artistik
Praktik tari
Nusantara
Mendiskripsika
n teknik tari
Melaksanakan
praktik tari
Membaca
berbagai ritme,
tempo, dinamika
Mendiskripsikan
berbagai ritme,
tempo, dinamika
Mempelajari
Sejarah tari
Mendiskripsika
n jenis, bentuk
dan gaya tari
Mendiskripsikan
wawasan tari
Melaksanakan
Apresiasi Tari
Menirukan berbagai
ritme, tempo,
dinamika
Melaksanakan dasar
musik seni
Pertunjukan (SP)
Memperagakan
bentuk gerak
Melaksanakan dasar
musik seni
Pertunjukan (SP)
Apresiasi
tari
Nusantara
SENI TARI v
DAFTAR ISI
KATA SAMBUTAN..............................................................................i
KATA PENGANTAR .......................................................................... ii
PETA KOMPETENSI ........................................................................ iv
DAFTAR ISI .......................................................................................v
BUKU JILID 1
BAB I..................................................................................................1
WAWASAN SENI...............................................................................1
A. KEBUDAYAAN DAN PERMASALAHANNYA ........................1
B. PENGERTIAN KESENIAN.....................................................5
C. WAWASAN SENI DAN PROSES KREATIF, SERTA
PENDIDIKAN KESENIAN ..............................................................8
D. PENGERTIAN TARI.............................................................19
1. Gerak.................................................................................. 22
2. Ruang................................................................................. 36
3. Waktu ................................................................................. 40
4. Tenaga ............................................................................... 42
5. Ekspresi ............................................................................. 45
BAB II...............................................................................................47
OLAH TUBUH..................................................................................47
A. KOMPETENSI DASAR ........................................................47