IPS adalah sejumlah konsep mata pelajaran
dan ilmu lainnya yang dipadukan berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan yang
bertujuan membahas masalah-masalah sosial atau bermasyarakat dan kemasyarakatan
untuk mencapai tujuan-tujuan khusus pendidikan melalui program pengajaran IPS
pada tingkat persekolahan (A. Azis Wahab, 1980:7). Menurut Leonard S. Kenworthy
bahwa PS adalah studi tentang manusia untuk menolong siswa mengenal dirinya
sendiri maupun dengan orang lain didalam suatu masyarakat yang sangat bervariasi,
baik karena perbedaan tempat atau waktu sebagai individu maupun kelompok dalam
memenuhi kebutuhannya melalui berbagai institusi seperti halnya manusia mencari
kepuasan batin dan masyarakat yang baik. Sedangkan dalam kurikulum Pendidikan
Dasar Pengetahuan Sosial adalah mata pelajaran yang mempelajari kehidupan
sosial yang didasarkan pada bahan kajian geografi, ekonomi, sosiologi,
antropologi, tata negara dan sejarah. Dari beberapa uraian tersebut kita dapat
menyimpulkan bahwa Pengetahuan Sosial merupakan: 1). Mata pelajaran bagi siswa
sekolah dasar dan menengah. 2). Mengenai kehidupan manusia dalam masyarakat;
dan 3). Bersumber dari berbagai bahan disiplin ilmu sosial. Dengan demikian PS
sebagai perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari pelajaran
ilmu-ilmu sosial dengan mengintegrasikan bahan/materi atau konsep-konsep ilmu
sosial tersebut untuk memahami masalah-masalah sosial yang diberikan di sekolah
sebagai suatu program pengajaran.
No comments:
Post a Comment