RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN
ALAM
Kelas/Semeser : V (lima) / 2
Pertemuan ke : I (satu)
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Standar
Kompetensi : 7. Memahami perubahan yang
terjadi di alam dan hubungannya
dengan penggunaan sumber daya alam.
Kompetensi
Dasar : 7.5 Mendeskripsikan perlunya
penghematan air
Indikator :
·
Mengidentifikasi keberadaan air di sekiar tempat
tinggal siswa
·
Menjelaskan manfaat air bagi makhluk hidup
·
Menjelaskan cara menghemat air
1.
Tujuan Pembelajaran :
•
Siswa dapat menyebutkan keberadaan air di sekitar
tempat tinggalnya
•
Siswa dapat menjelaskan manfaat air bagi manusia
•
Siswa dapat menjelaskan manfaat air bagi makhluk hidup
lain
•
Siswa dapat menjelaskan cara menghemat air
II. Materi ajar : Penghematan Air
Di sekitar kita terdapat berbagai macam air. Air diperlukan oleh berbagai
makhluk hidup untuk keperluan hidupnya. Dalam penggunaan air, khususnya untuk keperluan
manusia hendaknya menggunakan seperlunya, tidak boros, bahkan dalam keadaan
tertentu kita perlu menghemat air.
III. Metode pembelajaran : Ceramah,
tanya jawab, pengamatan, diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan
Pendahuluan
1. Guru
menyampaikan salam Siswa menjawab salam
1.
2. Guru Mengecek kehadiran siswa Siswa
aktif mengikuti pengecekan kehadiran
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran Siswa memperhatikan
4. Guru
memusatkan perhatian siswa dengan teka teki ”Siapakah Aku?”
Aku
…….Bentukku berubah-ubah sesuai dengan tempatnya. Permukaanku datar.
Aku akan
berpindah dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Siapakah aku?
Siswa menjawab teka-teki ”Siapakah
Aku?”
5. Guru memimpin menyanyikan lagu Tik-tik
bunyi hujan
Siswa menyanyikan lagu tik-tik bunyi
hujan
6. Guru
menggali pengetahuan awal siswa dengan mengaitkan pelajaran sebelumnya
tentang daur air Dari mana asal air hujan?
Siswa menjawab pertanyaan
B. Kegiatan
Inti
- Guru
Menanyakan keberadaan air di sekitar tempat tinggal siswa
Siswa
mengidentifikasi keberadaan air di sekitar tempat tinggalnya, menuliskan hasil
identifikasi di papan tulis.
- Guru
menanyakan kegunaan air bagi manusia. Meminta siswa untuk
berdiskusi dengan teman sebangku.
Kita memerlukan air untuk apa saja?
Siswa
berpikir berpasangan, menjawab pertanyaan secara lisan. Menuliskan hasil
diskusi ke dalam tabel.
3.
Guru menanyakan kegunaan air bagi makhluk hidup.
Meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku. Selain manusia, adakah
makhluk hidup lain yang memerlukan air?
Untuk apa?
Siswa
berpikir berpasangan, menjawab pertanyaan secara lisan. Menuliskan hasil
diskusi ke dalam tabel.
4.
Guru mengelompokkan siswa. Membagi gambar tentang
pemborosan air.
Meminta siswa mendiskuskan.
Ceritakan
dengan kalimatmu sendiri mengenai gambar yang kamu terima!
Apa yang
kamu lakukan apabila ada kejadian seperti pada gambar yang di bagikan? Siswa
berkelompok.
Mendiskusikan
gambar yang dibagikan.
Menuliskan
hasil diskusi pada kertas yang dibagikan. Mempresentasikan hasil diskusi.
Memajangkan
hasil kerja kelompok pada pohon ilmu.
5.
Guru menyediakan objek untuk ditanggapi siswa (sisa
minuman dari beberapa gelas aqua)
Bagaimana
pendapatmu mengenai sisa minuman yang terbuang?
Bagaimana
cara mengetahui banyaknya air yang terbuang?
Siswa
menanggapi objek sisa minuman secara berkelompok. Menuliskan hasil tanggapan
pada kertas yang dibagikan. Mempresentasikan hasil tanggapan.
Memajangkan hasil kerja kelompok
pada pohon ilmu.
C. Kegiatan
penutup
- Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
Air dapat
kita temukan di….. Manfaat air bagi manusia adalah …, bagi tumbuhan adalah …..,
dan bagi hewan adalah….Cara menghemat air:
1. ………………
2. ………….......
2.
Guru membuat kesimpulan. Menutup pembelajaran hari
ini. Menginformasikan materi pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.
Memperhatikan informasi guru.
Siswa memperhatikan informasi guru.
Siswa memperhatikan informasi guru.
2. Alat dan bahan : papan tulis, kertas, foto air yang terbuang, ranting pohon.
- Penilaian
:
- Tes
tertulis essay, jawaban singkat
1)
Tuliskan 3 contoh air berdasarkan keberadaannya! (skor
3)
2)
Tuliskan 4 manfaat air bagi kehidupan manusia.! (skor
4)
3)
Tuliskan 2 manfaat air bagi tumbuhan! (skor 2)
4)
Tuliskan 3 manfaat air bagi hewan! (skor 3)
5)
Tuliskan 3 cara menghemat air (skor 3)
(skor 15)
Nilai = skor yang diperoleh X 100 Skor total
http://www.subri-msi.net/berita-191-langkahlangkah-perencanaan-pengajaran.html
No comments:
Post a Comment