Wednesday, December 13, 2017

SILABUS KELAS/SEMESTER : A/GANJIL TEMA : AIR

SILABUS
KELAS/SEMESTER : A/GANJIL
TEMA : AIR
No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan
Materi
Kegiatan belajar mengajar
Media
Penilaian
Proses
Hasil
1
Moral : anak mampu mengucapkan bacaan doa/lagu-lagu keagamaan, mengikuti aturan serta mampu belajar berprilaku dengan baik dan sopan.
-      Dapat mengucapkan bacaan doa,
-      Menyayikan lagu-lagu keagamaan
-      Dapat mengenal dan menyayikan lagu ciptaan tuhan
-      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
-      Menyayikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana
-      Menyebutkan benda-benda ciptaan tuhan
-      Dengan membaca doa sebelum/sesudah melakukan kegiatan, anak akan terbiasa melakukan prilaku baik.
Air
Kegiatan awal :  membaca doa, bernyanyi bersama. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan inti :  bermain
Kegiatan akhir : penyampaian pesan moral oleh guru

Siswa











2
Sosial,emosional  dan kemandirian  : anak mampu berinteraksi dan dapat mengendalikan emosinya, serta mulai dapat menjaga diri sendiri.
-      Dapat menunjukkan kemandirian.
-      Tidak mudah marah.
-      Mengambil air minumnya sendiri.
-       Mampu menyiapkan kebutuhannya sendiri. Misalnya : minuman, mandi.
-      Dengan bermain peran seperti sedang minum atau mandi.
Air
Anak melakukan kerja tim/berkelompok untuk melakukan suatu permainan

Kardus,
Origami



3
Bahasa : anak mampu berkomunikasi secara lisan memiliki perbendaharaan kata-kata dan mengenal symbol.
-      Dapat mendengarkan, membedakan dan mengucapkan bunyi/suara tertentu.
-      Dapat berkomunikasi/berbicara secara lisan.
-      Dapat memperkaya kosa kata.
-      Menyebutkan berbagai bunyi/suara tertentu.
-      Menyebutkan macam-macam air yang ada di bumi
-      Menyebutkan arti simbol-simbol lalu lintas sederhana.
-      Dengan bermain tebak simbol, anak lebih mudah memahami arti simbol secara mudah di ingat dan jelas. Missalnya : permainan puzzle tentang simbol
Air
Guru memberikan tantangan atau soal-soal yang harus diselesaikan atau dipecahkan oleh anak.
Puzzle,
Gambar-gambar symbol


4
Kognitif : anak mampu mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana sehari-hari.
-      Dapat mengenal bentuk geometri
-      Dapat mengenal simbol-simbol
-      Dapat mengenal ukuran
-      Dapat mengenal konsep waktu.
-      Mengelompokan  benda-benda yang sama/sejenis.
-      Membilang  urutan bil dari 1 s/d 10
-      Menyebutkan macam-macam air.
-      Membedakan konsep luas-kecil.
-      Dengan mengamati gambar-gambar macam-macam air yang ada di bumi, anak mampu membedakannya dengan baik dan benar.
Air
Dengan menggunakan gambar-gambar, anak disuruh berpikir perbedaan-perbedaan yang Nampak pada gambar satu sama lain.

Contoh-contoh air asin dan air tawar


5
Fisik/motorik : anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk kelenturan, kelincahan dan keseimbangan.
-      Dapat melakukan gerakan jari tangan untuk kelenturan
-      Dapat melakukan gerakan berpindah/gerakan ditempat.
-      Dapatmelakukan gerakan koordinasi .

-      Membuat bentuk dengan menggunakan plastisin.
-      Menggunakn air.
-      Menggambarkan menggambarkan sungai dan lautan.
-      Dengan bermain air, anak mampu terampil dalam cara mandi dengan baik dan benar
Air
Anak turun kelapangan dan praktek langsung dengan benda-benda yang nyata.
Plastisin, Air


6
Seni : anak mampu mengekspresikan diri dengan menggunakan berbagai media/bahan dalam berkarya seni melalui eksplorasi.
-      Dapat menggambar sederhana
-      Dapat mewarnai sederhana
-      Dapat menciptakan sesuatu dgn berbagai media
-      Dapat bernyanyi dan mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana.
-      Menggambar bebas dengan media (pensil, krayon, dll)
-      Mewarnai bentuk sederhana
-      Menyusun bentuk-bentuk sederhana
-      Dengan  bernyanyi tentang air yang ada di bumi anak mampu mengingat dengan mudah dan jelas.
Air
Anak menyanyikan lagu-lagu atau berekspresi sesuai dengan kemauannya atau yang ada dipikirannya.
Alat-alat tulis, krayon, pewarna,





No comments:

Post a Comment