SILABUS
KELAS/SEMESTER : A/GANJIL
TEMA : AIR
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tujuan
|
Materi
|
Kegiatan belajar mengajar
|
Media
|
Penilaian
|
|
Proses
|
Hasil
|
||||||||
1
|
Moral
: anak mampu mengucapkan bacaan doa/lagu-lagu keagamaan, mengikuti aturan serta
mampu belajar berprilaku dengan baik dan sopan.
|
- Dapat
mengucapkan bacaan doa,
- Menyayikan
lagu-lagu keagamaan
- Dapat
mengenal dan menyayikan lagu ciptaan tuhan
|
- Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
- Menyayikan
lagu-lagu keagamaan yang sederhana
- Menyebutkan
benda-benda ciptaan tuhan
|
- Dengan
membaca doa sebelum/sesudah melakukan kegiatan, anak akan terbiasa melakukan
prilaku baik.
|
Air
|
Kegiatan
awal : membaca doa, bernyanyi bersama.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan
inti : bermain
Kegiatan
akhir : penyampaian pesan moral oleh guru
|
Siswa
|
|
|
2
|
Sosial,emosional dan kemandirian : anak mampu berinteraksi dan dapat
mengendalikan emosinya, serta mulai dapat menjaga diri sendiri.
|
- Dapat
menunjukkan kemandirian.
- Tidak
mudah marah.
|
- Mengambil air minumnya sendiri.
- Mampu menyiapkan kebutuhannya sendiri.
Misalnya : minuman, mandi.
|
- Dengan
bermain peran seperti sedang minum atau mandi.
|
Air
|
Anak
melakukan kerja tim/berkelompok untuk melakukan suatu permainan
|
Kardus,
Origami
|
|
|
3
|
Bahasa
: anak mampu berkomunikasi secara lisan memiliki perbendaharaan kata-kata dan
mengenal symbol.
|
- Dapat
mendengarkan, membedakan dan mengucapkan bunyi/suara tertentu.
- Dapat
berkomunikasi/berbicara secara lisan.
- Dapat
memperkaya kosa kata.
|
- Menyebutkan
berbagai bunyi/suara tertentu.
- Menyebutkan macam-macam air yang ada di bumi
- Menyebutkan
arti simbol-simbol lalu lintas sederhana.
|
- Dengan
bermain tebak simbol, anak lebih mudah memahami arti simbol secara mudah di
ingat dan jelas. Missalnya : permainan puzzle tentang simbol
|
Air
|
Guru
memberikan tantangan atau soal-soal yang harus diselesaikan atau dipecahkan
oleh anak.
|
Puzzle,
Gambar-gambar symbol
|
|
|
4
|
Kognitif
: anak mampu mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana sehari-hari.
|
- Dapat
mengenal bentuk geometri
- Dapat
mengenal simbol-simbol
- Dapat
mengenal ukuran
- Dapat
mengenal konsep waktu.
|
- Mengelompokan benda-benda yang sama/sejenis.
- Membilang urutan bil dari 1 s/d 10
- Menyebutkan
macam-macam air.
- Membedakan
konsep luas-kecil.
|
- Dengan
mengamati gambar-gambar macam-macam air yang ada di
bumi,
anak mampu membedakannya dengan baik dan benar.
|
Air
|
Dengan
menggunakan gambar-gambar, anak disuruh berpikir perbedaan-perbedaan yang
Nampak pada gambar satu sama lain.
|
Contoh-contoh air asin dan air tawar
|
|
|
5
|
Fisik/motorik
: anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk kelenturan,
kelincahan dan keseimbangan.
|
- Dapat
melakukan gerakan jari tangan untuk kelenturan
- Dapat
melakukan gerakan berpindah/gerakan ditempat.
- Dapatmelakukan
gerakan koordinasi .
|
- Membuat
bentuk dengan menggunakan plastisin.
- Menggunakn
air.
- Menggambarkan
menggambarkan sungai dan lautan.
|
- Dengan
bermain air, anak mampu terampil dalam cara mandi dengan baik dan benar
|
Air
|
Anak
turun kelapangan dan praktek langsung dengan benda-benda yang nyata.
|
Plastisin, Air
|
|
|
6
|
Seni
: anak mampu mengekspresikan diri dengan menggunakan berbagai media/bahan
dalam berkarya seni melalui eksplorasi.
|
- Dapat
menggambar sederhana
- Dapat
mewarnai sederhana
- Dapat
menciptakan sesuatu dgn berbagai media
- Dapat
bernyanyi dan mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana.
|
- Menggambar
bebas dengan media (pensil, krayon, dll)
- Mewarnai
bentuk sederhana
- Menyusun
bentuk-bentuk sederhana
|
- Dengan bernyanyi tentang air yang ada di bumi anak mampu mengingat dengan mudah dan
jelas.
|
Air
|
Anak
menyanyikan lagu-lagu atau berekspresi sesuai dengan kemauannya atau yang ada
dipikirannya.
|
Alat-alat
tulis, krayon, pewarna,
|
|
|
No comments:
Post a Comment